Jumat, 19 Juni 2009

Zidan Ingin Seperti Zidane

Jakarta - Dalam hal nama, walaupun cuma beda satu huruf, pengucapannya sama. Namun, jangan bandingkan reputasi dan prestasi keduanya. Mohamed Zidan berharap bisa sukses pula seperti Zinedine Zidane.

Nama Zidan (tanpa huruf 'E' di belakang) boleh jadi sudah cukup familiar di kalangan fans bola. Sejak bermain di Jerman, walaupun tergolong pemain yang tak menonjol, tapi karirnya di Bundesliga cukup awet.

Digaet werder Bremen di tahun 2005 dari klub Denmark FC Midtjylland, pria Mesir itu pindah ke Mainz sejak awal 2006, lalu hijrah ke Hamburg SV di musim 2007/2008, dan bergabung dengan Borussia Dortmund sejak awal musim ini.

Permainan yang naik-turun, dan kesempatan yang tidak terlalu banyak membuat Zidan lebih sering dimainkan dari bangku cadangan. Tak heran jika karir mediokernya belum kunjung menjulang.

Maka janganlah membandingkan dia dengan pemain lain yang pelafalan namanya juga Zidan -- tapi ditulis dengan tambahan huruf 'E' di belakangnya, alias Zidane.

Zidan sadar ada semacam "beban psikologis" dengan kemiripan namanya dengan bintang legendaris Marseille, Juventus, dan Real Madrid itu. Namun ia tidak minder, bahkan berharap bisa belajar dari sosok Prancis keturunan Aljazair itu.

"Zidane adalah pemain terbaik di seluruh jagat dan aku selalu mencoba belajar banyak dari dia. Aku biasanya menonton pertandingan dia, dan mempelajari skill dan gerakan-gerakannya," tutur Zidan kepada situs resmi FIFA baru-baru ini.

"Yang pasti, aku ingin meningkatkan permainanku dan menunjukkan bahwa aku cukup bagus. Aku selalu berusaha menaikkan namaku dalam karirku. Senang sekali ada nama yang mirip dengan dia (Zidane), dan aku berharap ak bisa sebaik dia suatu hari nanti."

Zidan menjadi berita saat mencetak dua gol buat Mesir saat kalah 3-4 dari Brasil di pertandingan grup Piala Konfederasi di Afrika Selatan awal pekan ini. Ia pun sedang digosipkan akan pindah ke Inggris karena diminati Blackburn Rovers.

Soal masa depannya, pemain berusia 27 tahun itu belum mau buru-buru mengambil keputusan. "Aku senang main di Dortmund. Permainanku di musim ini bagus karena aku cukup sering tampil dan mencetak beberapa gol. Aku masih punya kontrak tiga tahun lagi dan mudah-mudah bisa sukses pula di level klub," imbuhnya.
( a2s / key )

0 komentar: